Hari Ini Debat Capres Perdana, Ini Topik Dinanti Pengusaha RI

Hari Ini Debat Capres Perdana, Ini Topik Dinanti Pengusaha RI

Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2024. (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar perdana debat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) hari ini, Selasa (12/12/2023). Total akan ada 5 kali penyelenggaraan debat, yang juga akan disiarkan secara streaming di platform online dan sejumlah stasiun TV dan radio.

Debat akan digelar dengan https://toto-jp-slot.monster/ topik atau temna berbeda. Untuk pelaksanaan debat perdana, topik yang diangkat adalah masalah pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Lalu topik apa yang paling dinanti pengusaha?

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno mengatakan, topik yang paling dinanti adalah hukum dan ekonomi. Hanya saja, debat capres ini tidak sepenuhnya jadi acuan untuk penentuan pilihan saat Pemilu 2024 nanti.

“Hukum dan ekonomi. Sebab ekonomi akan berjalan baik kalau hukumnya juga baik. Karena hukum memberi kepastian,” katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (12/12/2023).

Meski, ujarnya, materi debat biasanya tidak bisa dilakukan sepenuhnya setelah menang. Namun debat itu akan memberikan gambaran terkait arah kebijakan capres-cawapres nanti.

“Karena sewaktu kampanye/debat yang dijual adalah sifatnya populis (hanya memberi) tanpa dijelaskan di ┼čisi sumber yang untuk diberikan dari mana dan berapa. Kalau buku kas yang diobral hanya pengeluaran, tapi tidak ada nilai pemasukannya,” sebutnya.

“Pilihan hanya tiga, kita pilih sesuai suara hati masing masing saja,” kata Benny menambahkan.

Smeentara itu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan, menanti topik debat perdana.

Pengusaha, dia menambahkan, menanti pernyataan para pasangan calon (paslon) terkait good governance, juga kemudahan berusaha dalam hal ini sinkronisasi pusat dan daerah.

“Transparansi perizinan supaya biaya tidak mahal. Dan, soal aturan yang banyak bentrok antar kementerian dan pusat-daerah. Misal persetujuan bangunan gedung (PBG) dan sertifikat laik fungsi (SLF), sangat sulit dan mahal,” kata Adhi.

Berikut Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres 2024:

– Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023
– Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
– Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
– Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024
– Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Berikut Tema dan Format Debat Capres-Cawapres 2024:

– Tema debat pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga
– Tema debat kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan
– Tema debat ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik
– Tema debat keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa
– Tema debat kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*