Saat Jokowi Sebut Kendaraan Listrik Masa Depan Industri Otomotif di Indonesia

saat-jokowi-sebut-kendaraan-listrik-masa-depan-industri-otomotif-di-indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, kendaraan berbasis listrik merupakan masa depan bagi industri otomotif Indonesia. Hal itu ia samlaikan saat membuka membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2024, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/02/2024).

“Saya melihat baik dan banyak yang dipamerkan mobil-mobil listrik yang saya kira ini memang masa depan otomotif Indonesia itu ada di mobil listrik karena kita memiliki bahan baku nikel dan yang lainnya,” kata Jokowi dikutip dari Breaking News KompasTV.

Ia menyampaikan, pemerintah sudah melakukan beberapa langkah untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Salah satunya mendorong pengurangan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi produk kendaraan listrik. Sebelumnya, pada tahun 2023 pemerintah juga telah mengeluarkan mengenai pemberian intensif bagi kendaraan listrik.

Baca Juga: Daftar Acara IIMS 2024, Ada Dewa 19 sampai Pameran Mobil Ikonik dari Film-film Legendaris

“Sementara belum (ada penambahan insentif), tapi kita akan, sudah mendorong dengan pengurangan PPN. Saya kira ini akan mendorong penjualan dan nanti baliknya ke mendorong ke produksi di pabrik-pabrik electric vehicle (EV) yang ada di Indonesia,” ujar Jokowi.

“Saya kira arahnya ke sana agar kita nanti bisa bersaing dengan negara-negara lain kalau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira kita lihat nanti kita akan bisa bersaing juga dengan negara-negara lain,” tambahnya.

Jokowi menegaskan, pemerintah juga terus mendorong moda transportasi publik berbasis listrik.

“Semuanya kita dorong agar, tujuannya agar semuanya berproduksi di Indonesia, EV semua merek berproduksi di Indonesia karena kita mempunyai kekuatan EV battery,” ucapnya.

Baca Juga: Dibuka Hari Ini, Cek Harga Tiket dan Daftar Merek Kendaraan yang Hadiri IIMS 2024

Adapun IIMS 2024 berlangsung sejak 15 Februari sampai 25 Februari 2024. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2024, menargetkan 470.000 kunjungan selama 11 hari pameran dan total transaksi sebesar Rp5,3 triliun.

Ada 54 merek mobil dan motor yang mengikuti IIMS 2024 dan 187 peserta pameran lainnya. Tahun ini, IIMS juga menempati ruang pameran yang lebih yaitu 133.547 meter persegi.

Pabrikan kendaraan Listrik asal China, BYD, dan produsen mobil Listrik asal Vietnam, Vinfast, akan menjadi nama baru dalam daftar peserta IIMS 2024. Mengutip laman resmi IIMS, selain BYD dan Vinfast, produsen kendaraan yang hadir adalah Chery, Morris Garage (MG), Wuling, Citroen, Jaguar Land Rover, Subaru, Volkswagen (VW), Mini, Audi, BMW, Hyundai, Kia, Daihatsu, Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, dan Mitsubishi.

Baca Juga: Pemesanan Tiket Kereta Mudik Lebaran Dibuka Hari Ini, KAI Ingatkan Calon Penumpang Teliti Isi Data

Untuk peserta pameran motor, ada sederet merek yang menjual motor Listrik. Yakni Yadea, Alva, Selis, Davigo, Smev, Gesits, United, Greentech Electric Motorbike, Move, Volta, Pacific, Polytron, Rakata Motorcycle, dan ZPT.

Sedangkan untuk segmen kendaraan roda dua konvensional, ada Benelli, Keeway, Italjet, Royal Enfield, Royal Alloy, Aprilia, Vespa, Piaggio, Peugeot Motorcycles, Kawasaki, Yamaha, dan Honda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*